Home → CARA MUDAH MENGHILANGKAN VIRUS HP

CARA MUDAH MENGHILANGKAN VIRUS HP

http://satriyoku.blogspot.com/2010/10/cara-mudah-menghilangkan-virus-hp.html

Sedikit ngebahas pengalaman saya yang kemaren selama offline
nah setelah kemaren saya share tentang download qur'an terjemah bahasa indonesia
kali ini saya akan share tentang CARA MUDAH MENGHILANGKAN VIRUS HP
Banyak kasus yang terjadi dan sedikitnya 90% bisa tertangani
Salah satunya adalah tentang virus handphone.
Macem” kasusnya dari yang hape menjadi lelet sampe dengan hape menjadi blank
Lucu” dan menggelikan..:-D

Ada asumsi konyol hapeku bukan symbian atau non OS pasti aman dari virus….
Oh ya….perlu diketahui hape non OS/Java untuk system memang tertutup untuk system aman ga akan keracunan virus
Tapi untuk MMC/media penyimpanan tetap saja bisa terinfeksi virus.
So becareful aja…he he

Langsung saja berikutlangkah penanganan yang masuk akal menurut saya dalam mengemankan hanphone dari efek virus

Langkah penyelamatan data

1. Lakukan backup memory nomor telepon yang tersimpan di ponsel dengan menyimpan no telepon tersebut pada SIM CARD yang ada.
2. Simpan data yang ada pada memory handphone termasuk, foto, gambar , audio file , video dengan memindahkan ke komputer.
3. Lepaskan MMC atau memory card dari ponsel dan copykan ke komputer.

Lakukan Format Handphone.

1. Matikan handphone anda
2. Ganti SIMCARD dengan SIMCARD yang tidak terpakai.
3. PAstikan Baterey anda terisi penuh.
4. Tekan tombol keypad berikut secara bersamaan yaitu tombol keypad : 3 (angka3) , * (tombol bintang), call (tombol panggil) dan tombol on/off handphone anda. (sebaiknya anda melakukan langkah ini dengan 2 orang bila terjadi kesulitan dalam menekan tombolnya)
5. Tahan tombol tersebut sampai keluar tulisan formating, atau sampai keluar menu Time Zone area (untuk nokia N70)
6. Setelah keluar menu tersebut lepaskan tombol-tombol tersebut dan biarkan proses berjalan.

Langkah tersebut diatas adalah untuk ponsel symbian sementara untuk ponsel java cukup dengan kembali kepengaturan awal/pengaturan pabrik.

Setelah proses tersebut selesai maka Ponsel anda sudah seperti ponsel baru lagi dan lenyaplah virus dari handphone anda.
Bila langkah ini tidak berfungsi coba ulangi lagi, atau untuk ponsel type tertentu silahkan ketik *#7370# setelah itu masukan no pin ponsel anda (PIN default 12345)
Kenapa hape harus diformat/diflasing..??
Jawabanya sudah pasti hanphone adalah tempat strategis dalam perkembangbiakan virus
Maka secara pastinya system C dan Z(ROM) hanphone harus di install ulang melalui proses formating/flashing

Lakukan Format MMC

1. Pastikan data foto,video, audio(musik) sudah anda copy ke hardisk komputer.
2. Format MMC anda dengan munggunakan komputer dengan system Fat, Quick Format
3. Masukan MMC handphone anda ke handphone dan format sekali lagi MMC dengan menggunakan Handphone

Penyimpanan kembali Data

1. Masukan kembali SIMCARD anda dan masukan kembali no.telepon yang tersimpan pada SIMCARD
2. Masukan kembali file gambar, foto, audio, video pastkan file tersebut aman dari infeksi virus dengan menggunakan anti virus PC yang bisa mengenali virus symbian seperti anti virus PC
3. Untuk aplikasi tambahan sebaiknya anda melakukan instalasi ulang aplikasi tersebut soalnya kebanyakan aplikasi backup suka tidak teregistri dan tidak bisa dijalankan alias korup.

jadi point utamanya format hanphone dan MMC
jangan sampai salah kaprah HP/ponsel diformat tapi MMC tidak diformat
sama saja bohong.
virus tetep saja ada..he he he

Sedikit tips aman dari penyebaran virus :
• Jangan terlalu sering transfer file via Bluetooth dengan perangkat sembarangan
• Gunakan anti virus yang bisa dipercaya untuk handphone anda
• Rajinlah men-scan MMC anda dengan antivirus PC (untuk hape java dan symbian)

semoga tips diatas bermanfaat buat pembaca semua.

71 Komentar Untuk "CARA MUDAH MENGHILANGKAN VIRUS HP"

makasiih mas,, jadi begitu toh jalan keluarnya

Thank's infonya sob, sangat bermanfaat

makaseh sharingnya mas, sangat bermanfaat

informasi yang menarik nih sob dan bermanfaat, makasih ya.

kalo HP java ada virusnya gak . .??

Kang tomo : matur suwon..
Ali,syafrudin,pernakpernik,kang jonshon : thanks suportnya....
Gunawan : ttp hape java bisa terinfeksi virus(kartu memorinya),tp untuk sistem aman..Coz hp java os nya tertutup...

Info yang bermanfaat! Aman dan tidak kawatir lagi akan kena virus, obatnya sudah tersedia!

HP gw kalo nggak ada pulsanya koq gak bisa buat nilpun ya bung...jangan-jangan kena virus kali ya...

info bagus dan ilmu berguna .... salam bloger

makasih Tyo , infonya bagus bangettt nih.
Saran dikit nih ya bwt Tyo, postingnya dh bgs , judul jg bgus, labelnya klo bs di perbanyak az dgn menggunakan tanda koma,misalnya :menghilangkan virus pada hp,mengatasi virus handphone dll deh, yg sesuai dgn topik postingnya, label jg bermanfaat lho buat pencarian artikel di search engine. Maaf lho ni cm saran doank, mo di pke atau gak jg gpp.... :)hehehehehe...

investasi profit 20%,Sopian SC,Kang Tomo Thanks atensi and suportnya...he he

Kang Bayu.: iya virus miskin kwi kang...wkwkwkwkwk

Osi : lagi" ilmu berharga dari osi yang sering kuanggap kecil tapi bermakna besar...segera kuterapkan saranmu si...thanks banget...

kunjungan perdana :)
naice post!! bermanpat bangt, makasih inponya...

info keren nich,,,,
thx 4 share....

untung hape ane ga pernah kena virus gan.. Padahal online nonstop. Secara saya blogging mobile gan .)

untung hape ane ga pernah kena virus gan.. Padahal online nonstop. Secara saya blogging mobile gan .)

Tips yang menarik. Karena Hp gue Java jadi cuma reset cara penyembuhannya...

hhe hhe,HP saya magh gak kena virus Cz gak ada internetnya..
biasa HP jaman penjajahan.

nice post..

mantab..makasih infonya sobat

Mantap yo infonya.. langsung di praktek-i
...

ga mungkin kena virus.. layar aja msh burem, virus males mampir :p

Ilmunya diamankan dulu, untuk jaga-jaga nanti jika kejadian... thanks nda ...

mansteb's deh ilmu na, sob
thank's U

wah perlu jaga-jaga nih, makasih infonya :)
aku dattaaaaaaaaaaang.. byur.. terasa setahun ga kesini he he..

waah kereeen booss....
makasiih

thanks infonya sob, sy save dulu buat tutor kalo hp q nanti kena virus

untuk itu di atas kan..hanya untuk HP tertentu...kayaknya hanya untuk HP symbian...

lalu bagaimana kalo tipe lainnya???

Marya,Hitech,Entis,Anak nelayan,Bro Giri,Gusti,Ngintip,Kang Rahmabasel,Gatelband,Katro,Inyong,Bro Bippi,Edwin, : makasih Suportnya...maaf lum sempat posting lagi...he he

Rumah Mungil : untuk tipe tertentu tidak menutup kemungkinan terinfeksi virus...tapi pada drive portable semisal MMC/kartu memorinya..solusinya adalah dengan scaning via PC and apabila perlu lakukan formating.

Info yg apik jg menarik diriku sippppp

Terima kasih untuk hal-hal yang baik

tunggu.... hp saya samsung sgh f250... tapi rewel kalo diajak scan... knapa ini ya? bisa dijelaskan? mau bales bs ke mailto:refardogelora@gmail.com atao di kotak komentar ini....

Wah2.. makasih infonya :D sayangnya aku ga punya HP cckckck..

Salam kenal ya dari PradiszWardhana.com

bang, contoh anti-virus bwat hp apa aja? klo biza sklalian kasih link download.a y! THNX!

blog ini sangat bermanfaat , thank ya

sip dah.... untung gw karang pk HP butut, virus gak doyan....

Alhamdulillah 6600 ane Sembuh dari Virus IloveVirus. Makasih Gan............Moga agan Masuk Sorga.. Aminnn..............

kalo n73 gimana ya,kena virus ni,lelet betul,saya cuba petunjuk di atas nggak muncul juga

Os BB 7.1 ada virus G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ sih??

Lha wong ga da pulsa yo ga bakal iso telpon lah.. lol

Makasih neng..dah ga ngeblog lagi yah..:D

Betul sob..hp java cukup riset aja..he he..:D

Silahkan, makasih kunjunganya..:y

gan ada cra laen gax wat format mmc v gx lwat komputer..... ???

bro ada caralaen gax klo mengformat MMC gx lewat komputer....??

thanks ........ :)

maaf sob lum kebales..adminya sibuk..ini saja dikelola team admin baru..biasanya kalau susah diajak scanning dikarenakan data yang kelewat penuh..atau bisa juga memori kartu kartunya yang sudah bad..semoga membantu..:y

selamat anda terdeteksi sebagai spammer :lol

virus hp..?? sobat beneran pengin..??salah satunya virus guardian . trojan juga nyusup ke ponsel loh..jangan dianggap remeh ya sob..he he

ada sob..selama kartu memori belum rusak cukup tancapkan ke ponsel dengan kartu memori yang sejenis..sebagai contoh jenis kartu memori sobat micro sd..bisa sobat format di ponsel yang support micro sd juga..opsi formatnya ada di menu kartu memori kemudian pilih format..
semoga membantu :y

semua os tetap memungkinkan terjangkiti virus sob..terutama dengan media koneksi internet dan bluetooth..kalau kurang yakin silahkan scann saja kartu memori sobat di pc..:D

untuk N73 wajib format ponsel dan kartu memorinya juga sob..insya alloh enteng lagi loadingnya..:y

amiiin..semoga berkah juga artikel saya sob..bisa bermanfaat buat yang membutuhkan tips ini..makasih kunjunganya sob..:y

wah sobat lama si alkatro..dimana yah sekarang..??

makasih kang syahida komputer..:D

mantap gan..pasti rajin scanning atau memang ponselnya strong securitynya..:y

This comment has been removed by a blog administrator.

Sory..link terpaksa dihapus..:D

Gan ane mau tanya, waktu itu kan ane iseng" mau ngirim data lagu dari laptop temen ke tab ane, pas belum di colok ke laptop temen data game,aplikasi masih ada, ehh pas di cabut kok data game,aplikasi nya pada ilang semua trus di folder nya ada 2 folder ngk bisa diapus ... trus ane mau masang aplikasi bacaan nya "ruang penyimpanan tidak mencukupi" biasa nya mau download game kualitas besar bisa sekarang mau download aplikasi ukuran kecil ngk bisa di download ... harus di apaain ya gan? Mohon info nya gan..

Gan mau ane mau nnya... Waktu itu ane iseng" mau masukkin lagu dari laptop ke Tab, pas belum di colokin ke laptop masih ada data game&aplikasi , ehh pas di pasang ke laptop trus di copot kabel USB nya, kok data game&aplikasi nya pada ilang semua trus di file manager ada 2 folder yang ngk bisa di hapus.. trus ane mau download game&aplikasi nya lagi eh malah ngk bisa tulisan nya"ruangan tidak memadai" padahal game&aplikasi nya udah ngak ada...
Knpa ya gan? Trus harus di apain? Mohon info nya gan ..

Oke sobat..saya coba jawab..kalau space memori/penyimpanan di perangkat tersebut sebenarnya memang sudah hampir penuh..dan mengenai file dan folder yang hilang itu cuma terhidden..cara balikinya mudah saja..cek difolder karantina..restore file shortcut drive sobat..kemudian klik dua kali..apakah sudah muncul?

mas, kalau ngehlangin visru I LOVe virus gmn.???

Triknya hampir sama..lepas kartu memori..kemudian scan dengan antivirus pc..

Sama sama kang acong,

This comment has been removed by a blog administrator.

Mohon tidak meninggalkan komentar yang tidak berhubungan dengan artikel diatas....
Dan Sementara Komentar Saya Moderasi Dulu, Demi menjaga kualitas komentar non spam
terima kasih... Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Terimakasih atas komentar Anda di "CARA MUDAH MENGHILANGKAN VIRUS HP"